Sunday, July 31, 2022

Tradisi Siap Saji

Tradisi Lama: Siap Saji untuk Kenaikan Kelas

Waktu kecil dan masih tinggal di Semarang. Ayam goreng tepung adalah hal istimewa. Hanya bisa saya nikmati setelah pembagian raport. Itupun jika saya atau adik saya dapat rangking. Tradisi merayakan kenaikan kelas yang masih saya ingat sampai sekarang. Walaupun sudah 20 tahun berlalu.

Ayam goreng tepung. Salah satu makanan kenangan waktu kecil (sumber: myrecipes.com)

Untung adik saya selama sekolah selalu juara kelas. Jadi saya yang dari SMP tidak pernah lagi dapat ranking bisa tetap makan ayam goreng tepung tiap semester. Atau caturwulan. Ketauan tuanya XD

Kami sekeluarga selalu pergi ke Texas Chicken. Dulu satu satunya restoran ayam goreng tepung di Semarang. Sebetulnya setelahnya muncul merk lain. Tapi ibu saya tidak suka. Cuma suka Texas Chicken, karena disana penyajiannya pakai piring beling. Menurut dia lebih
ngajeni. Terhormat. Haha.

Restoran siap saji
 jaman dulu memang masih pakai piring beling. Sejak kapan ya berubah jadi pakai packaging kertas?

Texas Chicken jaman saya masih sekolah adanya di
basement mall Matahari. Mall tertua di Semarang. Saya samar - samar ingat disana selalu sepi. Mungkin orang Semarang jaman dulu tidak suka ayam goreng tepung. Tapi kadang kami bertemu tetangga saat makan. Mungkin mereka juga merayakan raport anaknya. Entahlah saya juga tak ingat.

Setiap pergi makan di Texas kami masing - masing dapat dua potong ayam. Potongannya selalu paha atas dan paha bawah. Kebiasaan yang masih saya ikuti sampai sekarang. Menurut saya bagian paha memang lebih nikmat. Lebih
juicy dan gurih daripada dada yang anyep. Tapi suami paling suka bagian dada karena tidak repot makannya. Dia memang tidak suka ayam bertulang karena malas mengkrikiti dagingnya sampai habis. Alhasil dia selalu merasa rugi makan ayam selain potongan dada.

Ibu saya selalu beli nasi dan kentang goreng untuk dimakan bersama. Karena konsep kentang sebagai karbo yang bisa menggantikan nasi sepertinya masih awam untuknya. Jadilah kami makan nasi, kentang, dan ayam.

Ini rahasia yang tidak pernah saya ceritakan ke suami sampai sekarang. Takut diungkit ungkit terus. Haha.

Tradisi Baru: Siap Saji Malam-Malam


Hobi duo bocah makan makanan siap saji. Wajar, wong kedua orang tuanya juga hobi. Kentang goreng, ayam goreng, burger, nugget. Mereka akrab dengan makanan - makanan tersebut. Tak segan minta kalau lagi ingin.


Hobi baru karena pandemi: menyambangi drive thru malam-malam (sumber: suara.com)

Saat pandemi, keluarga kami memulai kebiasaan baru jalan-jalan menyusuri kota Bandung di malam hari. Intinya sebetulnya biar anak-anak tidur. Tapi kadang sekalian mereka makan malam.

Memanfaatkan layanan drive thru yang ditawarkan oleh berbagai gerai penjual makanan siap saji, kami bisa membeli kentang goreng favorit anak-anak tanpa perlu turun dari mobil. Praktis. Saking seringnya beli via drive thru, saya sampai tidak ngeh kalau pesan makanan di mc donalds sekarang self service. Pakai mesin seperti di luar negeri. Haha.

Sebetulnya tidak bermaksud menjadikan acara jalan-jalan sambil mampir ke drive thru ini sebagai kebiasaan. Tapi setelah dua tahun berulang, mau tidak mau ya jadi kebiasaan juga. 

Kadang saat melihat anak-anak saya menyantap berbagai makanan siap saji itu, saya cerita ke mereka kalau dulu seumur mereka saya dibelikan ayam goreng tepung hanya di waktu-waktu istimewa. Tentu mereka tidak bisa paham, kenapanya. Karena seperti kata anak ragil, kan bisa dibeli sama Bapak Gojek saja :')

Seperti saya yang kadang tidak bisa relate dengan cerita orang tua atau kakek nenek saya. Karena ya memang sudah beda zaman ya. 



Ditulis untuk ikut Nulis Kompakan Mamah Gajah Ngeblog bulan Juli dengan tema Tradisi. 





8 comments:

  1. Wah... tradisi ayam goreng tepung beda generasi, memang karena beda cerita & beda jaman ya. Jaman kita kecil dulu, restoran ayam goreng tepung masih berkelas eksklusif. Ya mungkin keitung mahal sih ya, jadi dibeli untuk saat-saat istimewa. Kalau sekarang kan bisa dibuat di rumah saja (walaupun saya sih hampir nggak pernah bikin ayam goreng tepung di rumah). Tapi sekarang sudah sangat terjangkau, bisa mampir beli di drive though atau 'titip' babang go-food aja ya. Selamat menikmati tradisi baru, Teh Restu

    ReplyDelete
  2. Ehehehe, wah jadi sekalian teringat memori jaman dulu. Di Kediri dulu kagak ada tuh Chicken-chicken-an, jadi harus ke Surabaya kalau mau makan Texas Fried Chicken ehehe.

    Dan memang kerasa spesial banget. Dulu tuh kayak yang sangat wah dan uwenaaak banget. Kenapa sekarang tidak ya. :D

    ***
    Btw Mamah Ririn langganan juara kelas ya. Keren euy. Btw gimana kabar beliau? Sudah lama tidak hadir ehehe. Salam ya. :)

    ***
    Salam juga buat terrific two ya, enaknya tiap malam muterin Bandung sama Mamah Papah, plus makan McD pula. Kalau saya jadi anak kecil, pasti sueeeneng banget ehehehe.



    ReplyDelete
  3. Jaman kita dulu kayanya emang belum jaman kan ayam goreng fried chicken (abis ngetik ini baru nyadar kalau ayam goreng = fried chicken haha), jadi memang dulu istimewa banget.

    Bener ya Restu, dulu emang pakai piring beling lho, sekarang pakai kertas biar ga repot nyuci kayanya.

    Btw aku suka ayam texas juga, lebih enak daripada KFC, dan kalau di KL minumnya bebas nambah, kadang kita beli satu aja makanya haha, ketahuan pelitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, 'tradisi' pakai piring kertas di resto ayam goreng juga resto fast food lainnya memang berkembang pesat sejak pandemi, untuk meminimalisasi penyebaran sikopit melalui alat makan yang (dikhawatirkan) kurang higienis. Kecuali suatu resto Pizza yang memang disajikan di dalam kardusnya. Dia mah sejak awal sudah gitu, walaupun untuk dine in sekalipun.

      Delete
  4. kelupaan, makan ayam fried chicken pakai nasi dan kentang kayanya normal, sama kaya makan indomie pakai nasi :D

    ReplyDelete
  5. Kayanya ayam goreng tepung selalu jadi favorit anak-anak setiap masa yah. Anak-anak saya juga kalau pas saya lagi ga mood masak dan saya tanya mau makan apa, sering sekali jawabannya "AYAM CRISPY"! (ini istilah mereka untuk ayam goreng tepung). Tapi mungkin makin dewasa ya makin biasa aja sama ayam goreng tepung, bisa karena bosan, atau karena sudah tahu bahwa banyak makanan lain yang juga enak banget, atau malah karena sadar bahwa fast food seperti itu kurang sehat. Hehe..

    ReplyDelete
  6. Haha ini kayaknya agak-agak tradisi keluargaku di sini nih. Suamiku suka banget KFC kekeke dan aku yang sebenarnya nggak suka jadi keikutan, anak-anak juga skrg keikutan. Meksipun nggak ada kapan 'harus' makan KFCnya tapi makan ayam siap saji itu ya kalau lagi gak masak adalah pilihan yang kadang-kadang (baca: sering) dilakukan :D

    Mirip dong ya kita teh haha

    ReplyDelete
  7. kami pernah berniat menjadikan mcd sebagai makanan wajib kalau sedang di airport dan beperjalanan. tapi lama-lama akhirnya karena ga semua airport gampang menemukan mcd, kebiasaannya nggak diterusin deh hehehe. ayam goreng tepung emang udah jadi makanan jurus kalau bingung mau makan apa ya.

    ReplyDelete