Monday, April 4, 2022

Perihal Tahu Susur

Saya heran, di Bandung ini kok nggak ada yang bisa bikin tahu susur yang betul. Betul versi saya tentunya. Tahu isi yang ada disini, atau biasa disebut gehu biasanya terbuat dari tahu sumedang yang diisi tauge. 

Sungguh berbeda dengan tahu isi yang ada di Semarang. Tempat saya tumbuh besar. Padahal tahu Bandung jauh lebih enak. Sekali-sekalinya ada tahu isi yang tidak pakai tahu sumedang, isiannya hampir pasti pakai sambal. Harus hot gitu tahunya. Nggak bisa biasa-biasa saja.

Padahal saya cuma perlu tahu isi yang biasa saja. Pakai tahu kuning biasa, isinya kol dan wortel, dan nggak hot. Biasa saja gitu. Dimakan panas-panas pakai saos tomat. Nikmat. Apalagi saat buka puasa.

Oh ya tahu susur, begitu saya menyebutnya, memang makanan nostalgia untuk saya. Terutama saat bulan puasa. Dulu waktu saya kecil, makanan ini tak pernah absen tersedia di meja, bersanding dengan mendoan dan tahu petis. Dua hal yang juga jarang saya temui di Bandung. Karena tempe goreng yang sering dijual di sini lebih mirip keripik tempe daripada mendoan. Sementara petis tidak dikenal di jawa bagian barat.

Teori saya perbedaan bentuk gorengan ini ada pengaruh unsur budayanya juga. Gorengan di Semarang sering jadi lauk. Jadi ukurannya besar-besar. Sementara di Bandung memang murni cemilan. Buat teman minum teh atau kopi. Jadi ukurannya kecil-kecil.

Sesungguhnya saya masih terbiasa dengan gorengan model Semarang yang berukuran besar dengan adonan tepung yang generous. Sampai selalu ada remah tepung gorengan yang rasanya sungguh nikmat.

Jadi ingat waktu kecil pernah dimarahin penjual pecel di ujung gang karena sambil menunggu pesanan saya jadi, saya santai nitilin remah gorengan. Memang kurang santai nih simbok pecel. Padahal pecelnya mantap. 

Semenjak diomelin, saya jadi beli pecel di pasar. Padahal kadang kangen juga sama tape goreng simbok. Kalau kangen terpaksa saya harus menyuap adek buat beliin saya gorengan ke simbok pecel. Adek saya anak kesayangan mbok pecel entah kenapa. 

Balik lagi ke teori gorengan di atas, apakah teori tersebut benar? Nggak ada yang tau. Hal yang pasti akhir-akhir ini saya sering kangen tahu susur. Untung teteh yang kerja di rumah cukup paham maksud saya, saat bilang ingin tahu isi yang pakai tahu kuning dan nggak hot.

Tapi itu saja saya mesti wanti-wanti sedemikian rupa supaya tahunya nggak ditambah bihun. Kenapa harus ditambah bihun sungguh misteri. Entah kenapa susah banget memenuhi keinginan akan tahu susur yang baik dan benar di sini.

Akhirnya sore ini kesampaian juga makan tahu susur yang mirip tahu isi di Semarang. Cuma ini versi mewah. Karena pakai tahu Talaga. Dimana harganya 6000-an sebijinya. Terus karena minyak goreng sawit mahal, jadi terpaksa goreng pakai minyak kelapa. Untung kol dan wortelnya biasa saja bukan organik. Kalau nggak, bisa malu kita sama combro di piring sebelah. Terlalu berlagak padahal cuma gorengan.

Tahu susur yang saya makan sore ini bagai siswa elite dari sekolah internasional. Sementara combro bagai siswa elite dari sekolah negeri. 

Kemenangan gerobak gorengan di Bandung buat saya memang ada pada combronya. Tidak bisa ditemui di sudut manapun di Semarang. You bisa bikin combro enak? You win my heart

Sayangnya si teteh sudah pulang jam 15.00. Jadi gorengannya sudah dingin saat jam buka puasa. Tapi nggak apa-apa. Tetap nikmat. 




1 comment:

  1. godaan banget ini baca tulisan Restu di jam 3 sore haha. Aku juga suka tahu susur dan gehu, kemarin sempet ngabuburit sambil halusinasi ada tukang gorengan di gerobak, ya ga nemu dong, akhirnya masuk dapur lagi

    ReplyDelete