Thursday, February 11, 2021

Bukan Mompetition

Anak bungsu saya kalau pagi sampai sore dipegang oleh Bibi sementara saya kerja. Bibinya bukan sembarang Bibi. Bibi ini sudah kerja di rumah mertua selama 30 tahun dan beliau juga yang dulu ikut mengasuh suami dan saudara saudaranya. Jadi sudah terpercaya istilahnya. Rutinitas si bayi dan bibi kalau pagi adalah sarapan sambil keliling komplek. Yang sarapan tentu saja si bayi saja karena tidak mungkin bibi sambil makan nasi goreng sambil jalan dorong dorong stroller keliling komplek. Bisa tumpah semua nasi gorengnya. Sama keselek. Kan sayang. Mungkin rutinitasnya lebih tepat disebut bibi nyuapin bayi sarapan sambil bawa jalan jalan. 

Di satu jalan depan rumah dan jalan sebelah kebetulan ada beberapa bayi seumuran anak saya. Cuma beda 2-6 bulan. Mungkin dulu sebetulnya ada wabah hamil disini cuma kita nggak sadar saja. Kadang kadang bayi bayi tersebut dan pengasuhnya berkumpul di pojok jalan sama sama sarapan sambil berjemur. 

Kalau saya sedang sempat (dan niat) jalan pagi, saya sering melewati kumpulan para pengasuh dan bayi itu. Bolak balik. Soalnya saya cuma jalan di jalan depan rumah dan jalan sebelah bolak balik. 

Dari interaksi yang sekelebat sekelebat saya perhatikan pengasuh pengasuh ini sangat menaruh kebanggaan pada tumbuh kembang anak asuhnya. Waktu berkumpul adalah waktunya bragging. Memamerkan kebisaan kebisaan baru bayi bayi. Menimbulkan kebanggaan jika anak asuhnya dianggap unggul dan kebaperan jika anak asuhnya tidak berkembang sesuai harapan. 

Dari situ persaingan muncul. Alhasil ajang kumpul pagi pagi itu biasanya jadi seperti kumpulan pelatih lumba lumba. Semua pengasuh bicara dengan volume lebih keras membujuk anak asuhnya untuk menampilkan kebisaan barunya. 

Lihattt ada kucing...ayo bilang KUCING....KUUU....CIIIIING ayo dong... kamu kan sudah bisa mengeja Pithecanthropus Erectus kemarin masa bilang kucing saja nggak bisa.... " kata pengasuh yang anak asuhnya paling cepat bisa bicara. 

Ayo lompat...hap hap...lompat...ayo dong kan kamu sudah bisa tiger sprong ngelewatin lemari kemarin masa lompat lewat polisi tidur aja nggak bisa..." kata pengasuh yang anak asuhnya motoriknya paling maju.

Ayo tendang bolanya...tendang sini sini tendang yuk...yuk...ayoo...masa kemarin kamu sudah bisa sparring sama abang di lapangan besar, sekarang nendang ke arah tiang listrik saja nggak bisa..." kata pengasuh yang anak asuhnya dari keluarga atletis.

Ayo ammmm ammmm baru habis segini nggak mau nambah lagi? Nanti laper lhooo....ini...ammmmm ammmm...kemarin kamu habisin nasi kebuli satu tampah sendiri loohh...masa sekarang 1 mangkok saja nggak habis... nanti sakitt...laperr" kata pengasuh yang anaknya paling jagoan makan.  Nggak pilih pilih.

Memang persaingan kehidupan di dunia ini dimulai sejak dini.

Notes:

Tulisan dibuat dengan bumbu bumbu penyedap. Mengingat bocah bocahnya masih usia 1.5 - 2 tahun, apa mereka mau menuruti keinginan ambisius pengasuhnya? Oh tentu tidak sodara. Tenang saja.

7 comments:

  1. lol, ini maksudnya serius kan tulisannya Restu, tapi aku tetap ketawa-ketawa. Tapi bener banget sih soal ngumpul2nya pengasuh ini.

    Dulu pas di Jakarta aku suka nemenin Cici main ke taman di rumah, dan bener lho pengasuh itu selain gossip juga saling bragging..kocak banget emang.

    Katanya kan, proses pertemuan sperma dan sel telur pun persaingan, siapa yang paling cepat dan kuat, jadi betul banget, persaingan kehidupan dimulai sejak dini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Aku juga ketawa-tawa bacanya teh... 😂
      Sebagai yang hanya sedikit merasakan nitip ke pengasuh, memang jadi inget gimana si Ucok kecil dipamer-pamerin sama pengasuhnya ke tetangga-tetangga mertua pas liburan agak panjang dulu. Padahal ya cuman waktu itu aja ngasuhnya... 😅

      Delete
  2. Hmm ternyata pengasuhpun ada kompetisi ya. Ck ck ngeri. Aku jadi ingat nonton video pendek parodi yang isinya tentang tetangga nyinyir, bandingin anak orang 2 bulan udah bisa main bekel :)) namanya juga parodi ya

    ReplyDelete
  3. Hahaha... jadi bukan emak-emak aja yang punya komunitas ya, para babysitter juga :D Tapi bagus teh kalau pengasuhnya punya interest yang tulus dan kebanggaan sama anak asuhannya, jadi nggak sembarangan kayak pengasuh2 jaman now yang suka diliput karena kasus ini itu :(

    ReplyDelete
  4. Haduh aku ngakak bacanya. Kebayang ya kalau misalnya ada salah satu yang bawa anak keluar itu adalah ibunya, bersaing dengan pengasuh lain pasti merasa anaknya harus lebih hebat lagi, karena kan diasuh langsung oleh ibunya. Persaingan selalu ada ya, mulai dari lahir normal atau caesar, asi full atau asi campur, mpasi rumahan atau bungkusan.

    Tapi aku ketawa2 cara melebih2kan ceritanya, kebayang kalau beneran ada yg ngomong gitu aku bakal ketawa ngakak deh.

    ReplyDelete
  5. Teehhh...
    Sangat menghibuurrrr

    Wabah hamiillll, ya ampuun 🤣

    Memang manusia itu punya jiwa kompetisi ya, dimanapun jadi lah

    ReplyDelete
  6. Teh Restu kok bisa lucu banget sih, engga ada niatan bikin podacast standup gitu Teh? Bodor tulisannya 🤣
    On serious note, aku baru tau ada persaingan antar babysitter gitu 😅
    Mudah-mudahan bocilnya engga dimarah-marahin yaa kalau gabisa show off pas sesi bragging huhu. Ngeri

    ReplyDelete