Thursday, March 23, 2023

Ramadan 1444 Day 1: Sekilo Sayur Sehari

Sudah pernah saya ceritakan sebelumnya kalau saya sedang menjalankan perubahan diet. Dari tidak terpola menjadi berpola. Adapun jenis polanya, mau polkadot, garis-garis, atau bunga-bunga, tentu tak penting. Hal yang ingin saya bahas adalah bagaimana tubuh saya dalam 3 bulan ini cukup berubah, ke arah yang lebih baik. Semoga.

Tujuan saya mengikuti pola diet tertentu adalah supaya sehat. Karena setahun kemarin saya merasa badan saya sudah tidak karuan. Secara estetika masih bisa diakali dengan pakaian, tapi secara kesehatan, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk membuatnya bugar, kecuali membenarkan yang tidak benar.

Maka dari itu dari menjalankan diet ini, turun berat badan dan tampilan yang lebih menarik hanyalah bonus. Walapun tentu akan sangat menyenangkan bisa browsing baju di olshop tanpa embel-embel istilah jumbo atau deretan X sebelum L. Syukur-syukur bisa rubah huruf.

Tulang saya besar. Perawakan saya bongsor. Keuntungan punya badan seperti itu, saat berat badan saya bertambah, jauh melebihi idealnya, saya tidak nampak seperti orang obesitas. Hanya besar saja. Besar banget. Makanya orang sering kaget kalau saya kasih tau berat saya. Karena saya tidak terlihat seberat itu. Cuma besar saja.

Sekarang setelah berat saya turun beberapa kilo juga tidak ada yang sadar dengan perubahan badan saya. Tidak ada yang bilang saya kurusan (so sad haha). Hanya celana yang cukup longgar saja yang bisa meyakinkan saya kalau memang ada suatu perubahan.

Hal yang bisa saya katakan dari perjalanan diet saya selama 3 bulan ini adalah: makan banyak sayur memang efeknya luar biasa. Ini salah satu teori yang saya buktikan sendiri kebenarannya.


Pola diet saya, mengharuskan saya menghabiskan 750 gram - 900 gram sayur (+ buah) perhari atau minimal 250 gram sekali makan.

Jumlahnya sebanyak itu karena faktor berat badan saya juga sih. Kalau beratnya jauh dibawah saya kayaknya nggak perlu sebanyak itu juga sayurnya. Tapi jangan tanya saya gimana ngitung kebutuhan sayur ya. Wong saya hanya ngikutin kata dokter saya yang memang sengaja ambil spesialis soal gizi plus kuliah sampai S3 juga. Apalah saya berani membantah.

Apalagi bantahnya modal baca caption IG doang.

Hal pertama yang saya rasakan setelah makan banyak sayur adalah, saya tidak lagi emosian. Selain itu, saya juga jadi lebih bisa fokus dalam waktu lama. Walaupun tetap deadliner. Bawaan orok itu sih XD

Selain makan lebih banyak sayur, sekarang jadi lebih milih makan ikan juga. Soalnya entah kenapa habis makan ikan memang rasanya lebih enteng di perut. Dari dulu saya suka ikan sih, cuma lebih sering makan daging karena ya...lebih enak saja.

Badan memang nggak lantas secepat itu jadi kurus atau enteng. Tapi kepala rasanya jadi lebih jernih. Pegal-pegal badan juga hilang. Encok pegel linu itu lho, pergi entah kemana. Padahal sebelumnya bawaannya pengen pijet aja terus dengan alasan nggak enak body.

Hal yang lebih buat heran lagi, setelah 3 bulan memilih lebih banyak makan sayur, sekarang kok jadi nggak nafsu lagi lihat gorengan, tetepungan, atau junk food. Padahal dulu hobi banget. Haha.

Ke restauran sekarang seringnya pilih menu salad. Plus cuma satu macem aja. Beberapa kali pernah melanggar larangan dokter. Nekad pesan side dish goreng-gorengan atau tetepungan lain yang sebelumnya bisa seipiring dihabiskan sendiri sekali makan. Eh badan kok ya langsung jadi terasa nggak enak. Memang betul kata Ade Rai, kalau tepung adalah makanan paling tidak baik untuk tubuh. Buat alasannya lihat sendiri you tube beliau ya.

Sekarang saya juga berteman akrab dengan timbangan. Setiap mau makan seringnya ditimbang dulu. Kalau makan diluar sih ya nggak. Dikira-kira saja. Makanya sekarang saya prefer kalau pergi keluar sudah ngabisin sayur dulu di rumah, atau pilih menu salad.dan lalapan, atau kalau darurat harus makan di tempat yang nggak ada menu sayur sama sekali, ya sudah terima nasib saja. Nggak usah ngoyo haha. 

Memang segitunya atau sugesti belaka? Tak tahulah. Kita teruskan saja mumpung sudah biasa. Semoga berguna.

Lauk di rumah jadi kebanyakan sayur. Saya yang habisin, soalnya penghuni rumah lainnya nggak segitunya sama sayur XD. Kalau sudah begini saya cukup bersyukur sanggup makan dalam porsi banyak. Soalnya 250 gram sayur sekali makan itu banyak lho. Haha. 

1 comment:

  1. Go go teh Restu, semoga lancar dietnya. Aku ngga sampai ke ahli gizi sih. Cuma pengalamanku tahun lalu, lebih careful banget mengatur pola makan dan olahraga waktu bulan puasa itu ngaruh banget. Cuma salahnya ngga maintain aja habis itu, wkk. Semoga kita berhasil diet ya teh

    ReplyDelete