Saturday, August 20, 2022

Cerita Cinta Favorit di Drama Korea

Drama Korea kini dan dahulu sangat berbeda. Dulu ceritanya hampir selalu seputar perempuan miskin yang terdzholimi lalu bertemu dengan lelaki super kaya dan hidupnya berubah bak Cinderella. Sekarang cerita drama Korea sudah lebih beraneka ragam. Tidak selalu tentang kaya dan miskin atau dari dunia yang berbeda. Tokoh perempuannya malah sekarang banyak yang cool. Punya pekerjaan yang mapan bahkan tak jarang digambarkan lebih dari tokoh laki-lakinya. Jauh lebih menarik untuk ditonton. 

Dari semua hal yang berbeda, ada satu hal yang cenderung tidak berubah di drama Korea. Kisah cinta. Tetap krusial di semua drama apapun genrenya. Tapi buat saya tidak semua kisah cinta di drama Korea menarik untuk dilihat. Kadang maksa. Kadang terlalu sempurna. Kadang saking toxic sampai malas nontonnya. Saya termasuk yang tidak selesai nonton Crash Landing On You karena merasa ceritanya garing di paruh kedua. Mohon maaf para penggemar Bin Jin couple. Saya tetap lebih suka Hyun Bin di My Lovely Kim Sam Soon dan Secret Garden serta Son Ye Jin di 39.

Karena Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog kali ini bertema Cerita Cinta sekalian saja saya tuliskan beberapa kisah cinta dalam drama Korea yang menurut saya digambarkan dengan apik baik jalan cerita maupun penokohannya. Hubungannya tidak seseru roller coaster tapi malah dapat porsi emosi yang pas. Kalau cerita pasangan di dalamnya tidak neko-neko menurut saya malah jadi bisa fokus sama inti cerita dramanya sendiri. Tidak hanya disibukkan urusan cinta. 

Pasangan-pasangan di bawah ini saya pilih dari drama-drama yang betul-betul saya suka. Tonton dari awal sampai akhir dan puas dengan ceritanya. Yuk dibaca, siapa tau sama favoritnya.  
  

1-Deok Im dan Yi San di The Red Sleeve (Viu)

Cerita drama ini diangkat dari kisah nyata. Seong Deok Im adalah seorang pelayan istana yang cerdas dan sangat hobi membaca. Yi San adalah putra mahkota kerajaan Joseon yang memiliki trauma masa kecil. Ayahnya, putra mahkota Sado, dibunuh oleh kakeknya, Raja Yeongjo, karena dianggap gila. 

Deok Im dan Yi San dipertemukan di perpustakaan Istana tempat Deok Im bertugas sebagai perawat dan penyalin buku. Yi San yang tidak pernah memiliki orang yang bisa dipercaya di istana, menemukan orang yang membuatnya bisa terbuka sebagai dirinya sendiri untuk pertama kalinya.

Kecerdasan Deok Im dan pengetahuannya yang luas menjadikannya mampu mengimbangi  pemikiran Yi San yang memiliki tingkat pendidikan formal jauh lebih tinggi darinya. Tak lama kenal, dia menjadi teman diskusi yang menyenangkan untuk Yi San. Kecerdikan Deok Im juga membuat mereka berdua berkali-kali selamat dari berbagai permasalahan. 

Hal yang saya suka dari pasangan yang diperankan oleh 2 PM Lee Jun Ho dan Lee Se Young ini adalah mereka selalu berkomunikasi dan berdiskusi secara sehat. Yi San tidak pernah meremehkan pendapat Deok Im. Deok Im juga selalu berusaha berkata jujur pada Yi San. Komunikasi yang sehat ini membuat hubungan keduanya terasa sangat natural. Tak heran kalau Deok Im menjadi isteri dan sahabat kesayangan Yi San sampai akhir hayatnya.  

Akting Lee Jun Ho dan Lee Se Young di drama ini memang TOP. Baru kali ini saya nangis-nangis nonton saeguk. Sampai menunda nonton episode terakhirnya, karena tidak tega lihat akhirnya. 

2-Se Ra dan Gyung Myung di Into The Ring (Netflix)

Gu Se Ra adalah seorang gadis dari keluarga sederhana yang menjadi anggota Dewan Perwakilan Distrik sebuah kota di Korea Selatan. Seo Gyung Myung adalah pegawai negeri yang baru dimutasi ke distrik tempat Gu Se Ra bertugas. Keduanya pernah menjadi teman masa kecil sebelum Gyung Myung pindah ke luar kota karena tragedi di keluarganya. Gyung Myung yang adalah pegawai yang lurus dan tidak mau terlihat menonjol, terpaksa terseret ke berbagai kekacauan ketika dia ditunjuk sebagai sekretaris Se Ra yang random dan impulsif. 

Hal yang saya suka dari hubungan pasangan yang diperankan oleh After School Nana dan Park Sung Hoon ini adalah keduanya sangat compatible. Bagai potongan-potongan meubel IKEA. Gyung Myung selalu membiarkan Se Ra melakukan hal-hal yang ada di pikirannya serandom apapun itu. Walaupun nantinya dia juga yang selalu kerepotan membereskan kekacauan yang muncul. 

Semakin lama bersama Se Ra dia jadi belajar untuk mengantisipasi akibat yang bisa timbul, daripada melarang boss-nya itu untuk tidak melakukan apa yang direncanakannya. Tak sekalipun dia bilang pada Se Ra I've told you so lalu meninggalkan gadis itu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Se Ra sendiri tidak pernah take it for granted keberadaan Gyung Myung di sisinya. Dia selalu berusaha dengan sepenuh hati menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan yang diberikan dan permintaan maaf atas kesulitan yang dia timbulkan kepada Gyun Myung. Bersyukur karena ada orang yang bisa memahami dan mendukung keputusannya. 

Sikap pengertian yang ditunjukkan oleh keduanya yang membuat pasangan ini menjadi pasangan yang kompak. Saking kompaknya sampai seperti bisa membaca pikiran satu sama lain. Couple goals banget deh menurut saya. 

Berkali-kali dibuat ngakak oleh pasangan ini sepanjang 16 episode. Masih heran kenapa drama ini ratingnya jelek banget. Padahal ceritanya apik. Mungkin kurang menarik kali ya lihat kisah cinta anggota DPRD dan Sekretarisnya.

3-Dong Baek dan Yong Sik di When The Camillia Blooms (Netflix)

Sebagai seorang yatim piatu yang punya anak diluar nikah dan sekarang menjanda, hidup Dong Baek tidaklah mudah. Dia memutuskan untuk pindah ke sebuah kota kecil dan membuka bar disana, dimana dia menjadi target gosip para tetangga. Sementara Yong Sik adalah petugas polisi lugu yang baru saja dimutasi kembali ke kota tempat kelahirannya. Disana dia bertemu Dong Baek dan seketika menemukan wanita impiannya.

Hal yang menarik dari pasangan yang diperankan oleh aktor dan aktris favorit saya, Kang Haneul dan Gong Hyo Jin ini adalah ketulusannya. Yong Sik tahu tidak mudah mencintai Dong Baek yang memiliki banyak masalah dalam hidupnya. Sementara Dong Baek juga tahu tidak mudah bagi Yong Sik untuk bersamanya, apalagi Dong Baek sudah menyerah mengenai cinta dan memilih fokus membesarkan anak semata wayangnya.

Tapi Yong Sik tidak berpaling begitu saja. Perlahan dia mengembalikan kepercayaan Dong Baek tentang cinta. Bukan dengan cara memaksa, tapi dengan menunjukkan perasaannya melalui perbuatan. Yong Sik pun selalu menghormati Dong Baek dengan memberikannya ruang untuk mengurus masalah hidupnya sendiiri dan tidak mencampuri urusannya tanpa diminta. 

Dibalik kepolosan sikap Yong Sik dan Dong Baek, mereka adalah orang dewasa yang bisa bersikap dewasa. Daripada mengabaikan gajah dalam ruangan, mereka memilih untuk menghadapinya. Sikap mereka yang jujur, saling menghormati, dan apa adanya membuat mereka pun bisa menyelesaikan berbagai persoalan dan akhirnya bisa bersama. 

Kalau bukan karena Kang Haneul dan Gong Hyo Jin saya rasa kisah Dong Baek dan Yong Sik tidak akan semenarik ini sih. Pantesan ratingnya dulu tinggi banget. Walaupun cerita thriller-nya agak kurang penting, tapi tetap jadi salah satu favorit. 

4-Ryeok dan Ma Ha di Imitation (Netflix)

Drama ini adalah salah satu drama remaja favorit saya. Ryeok adalah bintang K-Pop paling terkenal di Korea Selatan. Sikapnya sedikit arogan dan terkesan sombong karena menyembunyikan luka batin akibat ditinggalkan oleh sahabatnya. Sementara Ma Ha adalah trainee di sebuah agensi hiburan kecil. Debut pertamanya di dunia hiburan gagal secara tidak sengaja akibat ulah Ryeok. 

Seperti drama remaja pada umumnya, kisah cinta antara Ryeok dan Ma Ha tentu penuh bumbu. Tapi yang membuat cerita yang ini sedikit berbeda adalah, jalan cerita yang cukup rasional. Ma Ha punya impiannya sendiri. Ryeok punya masalahnya sendiri. Keduanya tidak selalu saling mencampuri urusan masing-masing. Tapi ada untuk saling menyemangati dan mendukung. Problematika tentu saja ada, namanya juga cerita cinta, tapi sepanjang drama mereka tidak melulu mengurus cinta-cintaan saja. Masih ada usaha-usaha lain untuk menggapai mimpi yang lainnya.

Salah satu drama paling underrated sepanjang sejarah menurut saya. Ceritanya bikin senyum-senyum sendiri seperti komik Serial Cantik di tahun 90an.

Penutup

Sekian pemaparan pasangan-pasangan favorit saya di KDrama universe. Kali-kali ada yang jadi terinspirasi nonton dramanya. Mungkin juga ada penggemar drakor lain yang jadi tergelitik unutk share pasangan favoritnya. Tulis di komentar ya :)


 
   

6 comments:

  1. haha aku hampir nulis cerita cinta drama Korea juga nih. dari daftar di sini 2 pertama aku ga nonton. tapi kalau harus nulis cerira cinta favorit aku mau nulis woo young woo dan lee jun ho, selain cerita dali and cocky prince hehee

    ReplyDelete
  2. Kenapa Restu ga selesai nonton CLOY haha, menurutku itu salah satu yang terbaik, sampe udah nonton beberapa kali. Setuju sama Risna, aku suka cerita cintanya Woo Young Woo.

    The Camillia banyak yang bilang bagus ya, nanti aku nonton ah

    ReplyDelete
  3. teh Restu keren bisa ambil sari dari film yang ditontonnya.

    ReplyDelete
  4. Kok endak ada yang pasangan usia 30an akhir - awal 40an ehehe? Biar terasa relatable buatku. *halah

    ***
    Membaca keempat Kdrama di atas, jadi pengen nonton yang "Into the Ring" karena berhasil membuat ngakak Restu berkali-kali. Jadi penasaran hhmmm...

    ***
    Sebenarnya overall drama Korea itu bagus-bagus, tetapi (menurut saya) hanya mandheg di BAGUS saja, gak sampai yang BAGUS BANGET hingga membuat terngiang-ngiang terus. Jadinya semua drakor yang sudah saya tonton, kayak yang gak memorable.

    ***
    Bagus Restu, mengkategorikan pasangan terfavorit dalam drama Korea :)




    ReplyDelete
  5. Aku skip baca yang no 3 karena pas bangettt baru mulai nonton camillia baru eps ke 2 hahhaa.. jd makin penasaran ama endingnya nnti xD

    ReplyDelete
  6. Udah nonton Gong Hyo Jin pas dia main sama Cha Seung Won gak teh? The greatest love. DI situ aku malah ngerasa ceritanya menyentuh banget. Dan lucunya kalimat soal camilia bloom itu ada di film itu, yang udah ada belasan tahun sebelumnya. aku malah curiga memang dari situ diambilnya.

    Yang jelas kalau lagi nyari kisah cinta, drakor memang jawaban yang tepat yaaa

    ReplyDelete