Sekilas Jerman : Heidelberg

Weekend ini kami mengunjungi kota tua (altstadt) Heidelberg. Dimana salah satu kastil tertua dan terkenal di Jerman berada.

Kastilnya ada di atas bukit.

Buat saya yang jarang olahraga, naik ke atas kastil cukup bikin ngos ngosan.

Tapi pemandangan dari atas keren sekali.

Di sana kami ikut guided tour seharga 4 euro (Januari 2014).
Karena ikut tour kami bisa masuk ke bagian dalam kastil dan mendengar ringkasan cerita mengenai sejarah dan fakta menarik dari kastil ini. Beberapa yang saya ingat :
  • Heidelberg Kastil pada awalnya berfungsi sebagai benteng. Di Jaman Renaissance bangunan-bangunan dan taman cantik dibangun di kawasan benteng. Fungsi benteng pun berubah menjadi kastil tempat tinggal raja. 
  • George I yang merupakan kakek buyutnya kakek buyut dari kakek buyutnya Ratu Elizabeth II (haha!), lahir di kastil ini. Beliau lebih bangga menjadi orang Jerman daripada menjadi orang Inggris, sehingga memilih untuk tetap bicara dalam bahasa Jerman, bahkan ketika memerintah Kerajaan Inggris.
  • Ada satu ruangan tempat para ksatria berkumpul untuk berpesta. Di ruangan itu terdapat lubang di dinding tempat para ksatria memuntahkan makanannya setelah makan, agar mereka bisa terus makan tanpa kenyang!
  • Tong anggur terbesar di seluruh dunia (pada saat itu) terdapat di bagian dapur kastil Heidelberg. Dengan volume 220.000 liter, tong itu memenuhi kebutuhan 1000 orang yang ada di kastil setiap harinya. Karena pada jaman itu air di kawasan Heidelberg sangat terkontaminasi maka orang lebih memilih untuk minum anggur.
  • Salah satu gerbang kastil konon dibuat dalam satu malam, sebagai hadiah kejutan bagi Elizabeth of Bohemia Isteri Frederick V, Elector of Palentine, penguasa Jerman saat itu, di hari ulang tahunnya yang ke 19. Memang masih kalah dengan Bandung Bondowoso yang bikin 999 candi dalam semalam. Tapi usahanya bolehlah :P
  • Kastil Heidelberg dihancurkan pada masa kolonial Perancis. Konon karena Perancis sebal ada bangunan Renaissance cantik yang letaknya bukan di Perancis. Iri gitu ceritanya. Hehe!
  • Aspirin dipatenkan dan diproduksi pertama kali oleh perusahaan Bayer. Fakta ini saya dapatkan di Museum Farmasi yang ada di dalam kastil.
Itu saja fakta-fakta yang berhasil saya tangkap. Untuk sejarah lengkap kastil Heidelberg, sila buka laman Wikipedia tentang Kastil Heidelberg. Karena saya sendiri kurang paham. Hehe!


Kota Tua Heidelberg.
Kanan bawah bangunan tertua di Heidelberg yang nggak ikut dihancurkan saat kolonial Perancis, karena Perancis suka sama gedungnya. Sekarang jadi hotel dan restaurant :D
Taman Kastil Heidelberg dulu terkenal karena keindahannya (Gambar Kiri).
Sekarang. Hmmm tidak begitu. Neptunus saja sampai pusing mikirinnya :D
Setelah jalan menanjak sejauh 100 meter. Pemandangan ini yang didapatkan. Karena kabut suasanya makin mirip jaman dulu.
Taman samping. Hadiah ulang tahun ke-19 untuk Elizabeth de Bohemia.
Gerbang yang ada di gambar kiri disebut Elizabeth Gate dan katanya dibangun hanya dalam waktu semalam!
Halaman Kastil. Bentuknya seperti kota tersendiri. Buat masuk ke halaman ini perlu bayar tiket 6 euro (Januari 2014)
Bagian dalam kastil, yang hanya bisa dilihat kalau ikut guided tour. Cukup menarik. Nggak rugilah keluar uang 4 euro untuk ikutan (Januari 2014) :D
Tong anggur terbesar di dunia (gambar kiri). Tong anggur terbesar kedua di dunia (gambar kanan atas). Parkeo, si penjaga tong anggur. Pelawak sekaligus peminum terkuat di kastil. Tingginya cuma 1 meter. Mati karena diare, gara gara terbujuk untuk minum segelas air putih.
Puing-puing kastil. Gambar paling kiri disebut Thick Wall. Menara penjaga.
Museum Farmasi. Harga tiket masuk termasuk tiket masuk ke museum ini. Saya baru tahu bangsa Jerman bangga dengan Farmasinya :)))
Sekian dan Terimakasih :D

No comments